25 April 2016

Mengetahui Blog Yang Terkena Google Sandbox

Mungkin sobat yang baru belajar ngeblog belum tahu dengan istilah Google Sandbox. Google Sandbox adalah suatu tindakan penalty atau hadiah dari Google terhadap suatu halaman yang berada di blog atau website yang di buang dari rangking pengindeks-kan atau bisa di artikan sebagai penjara Google yang menyedot hilang entah kemana, seperti halnya pasir hidup.

Selain di pencarian Google yang beralamatkan http://www.google.com, di pencarian yang beralamatkan http://www.google.co.id pun juga akan di buang dari rangkin pengindeks-kan nya. Info lengkapnya bisa kamu lihat di Wikipedia.

Cara untuk mengetahui blog yang terkena Google Sandbox ini mudah sekali, yaitu dengan menggunakan Tool Google Sandbox and Penalty Checker milik Pixelgroove. Baiklah kita langsung saja mulai cara untuk mengetahui apakah blog kita terkena Google Sandbox atau Tidak. Berikut telah saya rangkum.

Cara Mengetahui Blog Yang Terkena Google Sandbox
  • Terakhir klik tombol Check! dan tunggu sampai keluar hasilnya
Sedikit Penjelasan :
  • Deindexed, Yaitu domain benar-benar dihapus dari Google. Dikenal juga sebagai Banned (Dilarang).
  • Penalized, Yaitu domain atau halaman masih ada di pencarian tapi hanya bisa ditemukan melalui permintaan pencarian yang sangat langsung (Kata kunci langsung menggunakan judul posting). Hukuman ini dapat otomatis melalui algoritma Google atau manual yang diterapkan oleh Kualitas Insinyur Google
  • Sandboxed, Yaitu atau halaman tidak diindeks atau dihukum, tapi lalu lintas yang blog kamu dapatkan dari Google tiba-tiba turun drastis.
Jika hasilnya seperti berikut, berarti blog yang tadi kamu cek tidak terkena penalti dari Google Sandbox
Dan jika hasilnya malah seperti dibawah ini, sayang sekali blog kamu mendapatkan hadiah penalti Sandbox dari Google
Sangat disayangkan jika blog yang kamu miliki itu terkena Google Sandbox, selain menurunnya trafik secara drastis, kerugiannya juga dapat menghilangkan sebuah konten / halaman / postingan dari pencarian Google itu sendiri. Bahkan alamat domain yang sobat miliki bisa - bisa dihapus dari Google (Banned). Tapi jangan khawatir, semua masalah tersebut dapat di selesaikan melalui Google Webmaster.

Perlu sobat ketahui juga, Alat pengecekan Sandbox diatas tidak benar-benar akurat 100%. Bisa saja hasil yang dikeluarkan itu salah dan tidak menutup kemungkinan memang benar. Jadi, jika alat diatas menunjukan bahwa blog sobat terkena sandbox, jangan lupa lihat juga trafik kunjungan blog kamu. Jika tetap stabil atau malah meningkat berarti blog kamu tidak terkena sandbox dan begitupun sebaliknya.

Buka Komentar


EmoticonEmoticon