Cara Membuat Website di WordPress (WordPress.com) Gratis

Berbagi Pos

Ayo bagikan informasi mengenai Cara Membuat Website di WordPress (WordPress.com) Gratis ini ke teman-teman kamu di sosial media, gunakan tombol share dibawah ini.

Whatsapp Facebook Twitter
WordPress merupakan sebuah aplikasi sumber terbuka atau bahasa gaulnya open source yang sangat populer dipakai sebagai mesin blog (blog engine). WordPress sendiri dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. Disini kita akan mengupas bagaimana membuat sebuah website gratis tanpa biasa pada WordPress.

Sebelum ke pembahasan utama, akan saya kenalkan sedikit tentang WordPress. WordPress terbagi menjadi 2 bagian, diantaranya adalah Wordpress yang beralamatkan http://wordpress.com (instan) dan beralamatkan http://wordpress.org (self-hosted). Lalu dimana letak perbedaannya? Simak postingan ini :

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Nah karena kita akan membuat sebuah website di WordPress secara gratis maka kita akan menggunakan layanan dari WordPress berupa Storage, Bandwidth, Domain dan lainnya yang sudah di tentukan. Artinya kita tidak bisa mengubahnya jika kita tidak melakukan upgrade. Lalu bagaimana cara membuat website di WordPress secara gratis itu? berikut adalah tahapannya.

Langkah-Langkah Pembuatan :
  • Pertama, buka halaman WordPress melalui https://wordpress.com
  • Pada halaman tersebut, klik tombol Create Website
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Kemudian pilih kategori dari website yang ingin dibuat
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Lalu pilih tata Letak pada halaman depan website yang ingin kamu buat
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Kemudian pilih tema atau tampilan untuk website
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Lalu masukan nama domain dan tunggu beberapa saat sampai muncul alamat yang tersedia. Jika tersedia, klik tombol Select
Contoh : saya memasukan contohalamatwordpress untuk alamat domainnya
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Karena kita akan membuat website di WordPress secara gratis. Silahkan pilih bagian yang Free, klik tombol Select Free
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Lalu masukan alamat surel kamu (Email), nama pengguna dan kata sandi untuk akun WordPress yang akan dibuat. Jangan lupa klik tombol Create My Account
Cara Membuat Website di WordPress Gratis
  • Selesai. Jika berhasil maka halaman tersebut akan di alihkan ke alamat domain yang sebelumnya kamu masukan
Cara Membuat Website di WordPress Gratis

Sampai disini kamu sudah berhasil membuat sebuah website di WordPress secara gratis. Ketika kamu selesai mendaftar di WordPress jangan lupa untuk meng-cek kotak masuk surel yang tadi kamu daftarkan dan buka pesan dari WordPress, pesan tersebut berisi link aktivasi keanggotaan WordPress. Bisa kamu abaikan namun untuk lebih aman dan baiknya kamu klik saja link tersebut untuk memverifikasi keanggotaan kamu di WordPress.

Jika kamu ingin mengganti alamat domainnya dengan yang kamu mau (tanpa wordpress.com), caranya silahkan upgrade plan dari yang gratis ke berbayar. Kamu akan mendapatkan domain langsung (bukan subdomain dari wordpress.com), penyimpanan lebih (tergantung plan yang kamu pilih), penghapusan iklan dari worpress dan masih banyak lagi. Itulah cara membuat website gratis di WordPress.com, semoga bermanfaat
https://www.brotutor.net/
Copyright © Brotutor - All Right Reserved